Pemeriksaan Kualitas Data Potensi Desa (Podes) 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pringsewu

Berikan penilaian Anda terhadap layanan kami di https://s.bps.go.id/SKD2024_Pringsewu 

Untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu, saat ini Publikasi Kabupaten Pringsewu Dalam Angka 2024  sudah tersedia dan dapat diakses disini

Laporkan melalui https://lapor.go.id jika terjadi hal-hal yang kurang berkenan atau petugas kami meminta imbalan atau tip.

Pemeriksaan Kualitas Data Potensi Desa (Podes) 2024

Pemeriksaan Kualitas Data Potensi Desa (Podes) 2024

30 Mei 2024 | Kegiatan Statistik


Gading rejo, BPS Kabupaten Pringsewu melakukan pemeriksaan kewajaran dan kualitas data Potensi Desa 2024 pada hari rabu-kamis (29-30/06/2024). Sebagai pendataan yang berbasis kewilayahan dan menyediakan indikator strategis sampai level administrasi terkecil, maka kualitas data Podes 2024 harus dikawal sejak persiapan sampai dengan finalisasi hasil pendataan.

Paling tidak ada dua indikator strategis yang nantinya akan dihasilkan dari Podes 2024, Indeks Kesulitan Geografis (IKG) dan Indeks Desa (ID). IKG merupakan representatif dari tingkat kesulitan geografis desa. Semakin tinggi nilai indeks menunjukkan tingkat kesulitan geografis yang semakin tinggi. Desa dengan fasilitas pelayanan dasar yang terbatas, kualitas infrastruktur yang rendah, dan akses transportasi yang sulit akan memiliki angka indeks yang relatif lebih tinggi dibandingkan desa lainnya. ID disusun dengan memperhatikan semua aspek yang dibutuhkan untuk mengukur perkembangan pembangunan desa dan merupakan cerminan tingkat pembangunan di desa yang merupakan kewenangan pemerintah desa dan supra desa. 

Pemeriksaan kualitas data Podes 2024 melibatkan seluruh petugas lapangan, mengonfirmasi isian, memperhatikan fenomena riil di lapangan terkait tutup dan/atau pindahnya suatu infrastruktur/prasarana dasar, serta menimbang konsistensi dengan sumber data lain yang tersedia. Diharapkan indikator yang dihasilkan dari Podes 2024 ini adalah indikator yang reliable dan dapat dipertanggungjawabkan (ARF).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pringsewu (Statistics of Pringsewu Municipality)Jl. Raya Gading Rejo KM.33 Wonodadi

Gading Rejo 35372

Telp (62-729) 7330811

  Mailbox : bps1810@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik